Resep membuat sarden home made ala sarden kalengan

Resep membuat sarden home made ala sarden kalengan - Hai Kak, Masak apa hari ini? Resep masakan terbaru dari Resep Caca, kali ini adalah : Resep membuat sarden home made ala sarden kalengan, resep ini mudah sekali di praktekkan karena bahan-bahan yang dipergunakan dalam masakan ini bisa dibeli di pasar atau supermarekt terdekat.

Resep : Resep membuat sarden home made ala sarden kalengan
Kategori :


Sebelum membaca Resep membuat sarden home made ala sarden kalengan Munngkin Kakak tertarik dengan resep lain yang udah caca posting sebelumnya:

Resep membuat sarden home made ala sarden kalengan

Membuat Ikan Sarden Home Made ala sarden kalengan… Woow, kenapa tidak?…  Sarden, Ikan yang bernilai gizi tinggi ini banyak manfaatnya bagi kesehatan manusia. Diantaranya: Membantu mencegah penyakit jantung, bersifat anti kanker, memperkuat tulang, kaya protein, mengandung banyak zat antioksidan dan lain sebagainya. .. pokoknya buayaaak deh..

Sarden home made ala sarden kalengan
Nah, ikan Sarden ini seringkali diidentikkan dengan ikan kalengan. Apa mungkin pertama kali yang terkenal adalah ikan kalengan yang berbahan dasar Sarden ya.. J-- Memang, jika kita ingin mengkonsumsi ikan Sarden sih gampang saja. Tinggal beli ikan kalengan, dan sedikit olahan, oseng sana oseng sini dengan berbagai bumbu, dan jadilah sajian Ikan Sarden. .. Tetapi, pernahkan terpikir bahwa ikan sarden ala kalengan ini sebetulnya bisa kita buat sendiri di rumah?… Ahaa, untuk tulisan ini saya tidak ingin membandingkan dan mengulas tentang makanan kalengan dan segala macam aspek tetek bengek. Saya rasa banyak tulisan yang membahas tentang itu. Tinggal browsing saja.

Untuk tulisan ini saya lebih menekankan tentang cara membuat sarden home made ala sarden kalengan .. yaa dibuat di dapur sendiri.. Wow, sesuatu  banget kan jika kita bisa membuatnya sendiri, hasil tangan sendiri .. Bikinnya juga gak susah koq, memang bermodal panci presto. Tetapi jika anda tidak punya panci presto juga  tidak apa apa. Di tim biasa aja tetap oke.. Hanya saja harus ekstra sabar, karena butuh waktu yang lebih lama daripada memasak ikan dengan cara biasa. Ahaa, disambi sambil masak atau pegang gadget juga gak kerasa koq waktunya,

Wokeee. Sekarang kita simak yuk resepnya. Resep ini sebetulnya resep turun temurun dari keluarga kami. Ini dari nenek saya, dan menurut oma (begitu panggilan saya terhadap nenek saya), beliau juga  mendapat resep tersebut dari mamanya, Nah looooo ....

Resep membuat sarden home made ala sarden kalengan

Bahan
  • 10 ekor ikan sarden besar kira kira sepanjang 15 cm
  • 10 siung bawang putih dihaluskan
  • 5 tomat besar – potong potong - Jika pingin penampakanannya lebih merah, bisa ditambahkan tomat lebih banyak. Saya memang memasak dengan warna seperti ini, karena anak saya tidak terlalu suka tomat
  • 1sdt gula pasir
  • 4 sdm margarine
  • Air  sebanyak 3 cm di atas permukaan sarden
  • 1 sdm air perasan jeruk nipis atau lemon cui
  • Garam secukupnya untuk melumurkan ikan sarden sebelum dimasak dan untuk bumbu saat memasak
  • Penyedap (jika suka)


Cara membuat Sarden home made ala sarden kalengan
  • Bersihkan sarden, lumuri dengan garam diamkan selama 5 menit
  • Cuci sarden, lumuri dengan air perasan jeruk nipis atau lemon cuiselama 10 menit.
  • Kalau sudah begini, sarden sudah siap diproses
  • Tim ikan sarden, bawang putih, tomat, gula, margarine, garam dan penyedap (jika suka)  dengan jumlah air seperti yang dijelaskan di atas. Tim dipanci presto biar cepat
  • JIka tidak ada panci presto, bisa juga di tim manual. Semua bahan direbus, api keciiiil dan rebus hingga tulang sardennya lunak.
  • Memang butuh waktu yang lama.
  • Jika air mulai berkurang, tambahkan saja airnya. Jumlah air disesuaikan dengan banyaknya kuah yang diinginkan
  • Jika tulang sarden sudah lunak. Selesai deh. Sarden home made siap dikonsumsi

Gampang kan?

Nikmati Sarden Home Made ala sarden kalengan .. hasil karya sendiri.,,, Wow, sesuatu kan?

Oia, bagi para penderita asam urat mungkin perlu hati hati dalam mengkonsumsi sarden ini. Beberapa artikel kesehatan yang saya baca menyebutkan bahwa Sarden kurang baik jika dikonsumsi oleh para penderita asam urat. Mungkin anda bisa membrowsing alasan ilmiah untuk hal ini.

Demikian resep membuat sarden home made ala sarden kalengan

Semoga artikel ini dapat menginspirasi

Enjoy and happy cooking.
Gimana Kak? kayakanya gampang kan? yuk kita cobain Resep membuat sarden home made ala sarden kalengan buat orang-orang yang kita sayangi. Oh ya, kalau menurut Kakak resep ini mudah dipraktekkan, jangan lupa bantu dishare ya..! biar Caca semangat update Blognya. Nantikan resep selanjutnya ya Kak!
Previous
Next Post »