Resep Binte Biluhuta khas Gorontalo yang lezat

Resep Binte Biluhuta khas Gorontalo yang lezat - Hai Kak, Masak apa hari ini? Resep masakan terbaru dari Resep Caca, kali ini adalah : Resep Binte Biluhuta khas Gorontalo yang lezat, resep ini mudah sekali di praktekkan karena bahan-bahan yang dipergunakan dalam masakan ini bisa dibeli di pasar atau supermarekt terdekat.

Resep : Resep Binte Biluhuta khas Gorontalo yang lezat
Kategori :


Sebelum membaca Resep Binte Biluhuta khas Gorontalo yang lezat Munngkin Kakak tertarik dengan resep lain yang udah caca posting sebelumnya:

Resep Binte Biluhuta khas Gorontalo yang lezat

Binte Biluhuta atau sering juga disebut milu siram, sajian khas Gorontalo yang sudah sangat merakyat pada masyarakat Manado. Berbagai tempat makan Binte Biluhuta ini bertebaran di Manado. Salah satunya yang teretak di daerah Komo Dalam. Wow legendaris. Sudah ada sejak jaman saya masih SMA. Ahaa tempat makan saya, saat bersantai hari libur…. Itu duluuu… dan sekarang sudah banyak juga tempat makan binte biluhuta (milu siram) di daerah boulevard… Mmm mantap deh pokoknya.

Saya punya kenangan dengan resep binte biluhuta ini. Resep yang saya dapatkan dari teman (katakanlah) sahabat saya sejak masih kuliah. Wanita cantik nan pinter berdarah asli Gorontalo, dan terakhir yang bersangkutan berkarya sebagai pegawai negeri sipil. 

Binte Biluhuta khas Gorontalo

Suatu waktu beberapa tahun yang lalu,lagi “in in” nya BBM dan ber grup ria…hampir setiap saat saya, teman saya itu dan beberapa teman lagi saling bersapa ria di BBM.. baik itu sekedar becanda ataupun membahas hal hal yang serius, kuliner dan lain sebagainya..Hingga suatu waktu, saya menulis posting di grup bahwa saya lagi pingin makan binte biluhuta tetapi malas keluar rumah. Dan dengan spontannyalah teman saya itu memberikan resepnya. Resepnya kemudian ku save dan mengeksekusinya pada hari Minggu setelah chattingan kami. Sayapun mengupload gambar hasil masakan saya dan seperti biasanyalah, siap menerima aneka masukan dari teman teman … hmmm beberapa kali saya mengeksekusinya barulah si pemberi resep itu puas.

Singkat cerita, 3 bulan sesudahnya teman saya itupun pindah ke Batam. Beberapa waktu tidak ku dengar kabar beritanya. Sangking kangennya saya pun sering mengintip account Facebooknya.. Tapi koq tidak ada up dateannya.. padahal yang bersangkutan cukup rajin berkomen dalam postingan teman temannya. Sampai pada suatu hari, ada teman grup kami yang meminta saya untuk melihat account Facebooknya. Dan alangkah terkejutnya saya ketika melihat isi account facebooknya bahwa yang bersangkutan sudah pergi menghadap Yang Maha Kuasa,  akibat penyakit kanker yang dideritanya sejak beberapa tahun yang lalu..Yaa, namanya juga umur, tidak ada yang dapat menduganya.Itu memang rahasia Yang Maha Kuasa… 

Elly, begitu nama teman saya itu… Sudah pergi dan inilah salah satu kenangan yang tersisa darinya, Resep Binte Biluhuta. Resep postingannya tetap saya capture di BB. Awalnya agar punya backup saja. Namun belakangan, itu malah menjadi kenangan untuk yang bersangkutan … dan ini resepnya saya bagikan pada teman teman sekalian.. dan saya rasa yang bersangkutanpun akan tersenyum di alam sana, melihat resepnya banyak dilihat dan (semoga) di eksekusi banyak orang… Terimakasih, Elly….. Kami akan selalu mengenangmu..

Ini dia resepnya… Resep awalnya memang tidak di kuantifisir… hanya berdasarkan kira kira saja, dan ini saya menyempurnakannya dengan menyertakan ukurannya.

Resep Binte Biluhuta – masakan khas Gorontalo

Bahan
  • 2 tongkol jagung manis besar - dipipil
  • 2 daun bawang potong kecil kecil
  • 2 genggam kemangi yang sudah dipetik daunnya
  • Jeruk nipis, peras airnya. Banyaknya air perasan jeruk nipis disesuaikan menurut selera
  • Garam secukupnya
  • 75 gram kelapa mengkal kerok besar besar
  • Cabe dihaluskan - jumlah cabe disesuaikan menurut selera
  • Ikan Cakalang fufu (cakalang asap)  secukupnya
  • 2 genggam ebi seduh air panas mendidih – saat memasak ini saya tidak memakai ebi karena anak saya tidak suka
  • 2 liter air
  • Penyedap (jika suka)


Cara membuat binte biluhuta
  • Seduh ebi dengan air mendidih. Sisihkan
  • Goreng ikan cakalang fufusisihkan. Bisa juga ikan cakalang fufunya tidak digoreng.. Sesuai selera
  • Rebus jagung manis hingga empuk
  • Masukkan daun bawang. Masak hingga matang
  • Menjelang di angkat masukan kemangi. Hanya sebentar saja kemangi di atas api. Masukkan kelapa parut. Matikan kompor.
  • Usahakan saat mematikan kompor kemanginya dalam keadaan belum layu.
  • Tambahkan garam dan penyedap (jika suka)


Penyajian
  • Taburkan ikan cakalang fufu, ebi ke jagung yang sudah direbus bumbu
  • Tambahkan perasan jeruk nipis. Rasa asam sesuai selera, saya tidak mengkuantifisirnya karena semuanya kembali pada selera
  • Tambahkan cabe halus jika suka pedas
  • Bisa juga disajikan dengan telur rebus


Selamat menikmati
Enjoy and happy cooking

Gimana Kak? kayakanya gampang kan? yuk kita cobain Resep Binte Biluhuta khas Gorontalo yang lezat buat orang-orang yang kita sayangi. Oh ya, kalau menurut Kakak resep ini mudah dipraktekkan, jangan lupa bantu dishare ya..! biar Caca semangat update Blognya. Nantikan resep selanjutnya ya Kak!
Previous
Next Post »