Resep Udang Goreng Telur Asin

Resep Udang Goreng Telur Asin - Hai Kak, Masak apa hari ini? Resep masakan terbaru dari Resep Caca, kali ini adalah : Resep Udang Goreng Telur Asin, resep ini mudah sekali di praktekkan karena bahan-bahan yang dipergunakan dalam masakan ini bisa dibeli di pasar atau supermarekt terdekat.

Resep : Resep Udang Goreng Telur Asin
Kategori :


Sebelum membaca Resep Udang Goreng Telur Asin Munngkin Kakak tertarik dengan resep lain yang udah caca posting sebelumnya:

Resep Udang Goreng Telur Asin

Menu udang goreng telur asin ini memang belum lama saya kenal. Entah saya yang kuper, kurang piknik, kurang kekinian atau entah kurang apa lagi. Mengenalnyapun gegara saya makan di salah satu restoran sea food di Manado. Bosan dengan sajian yang itu itu saja, dan kebetulan mata tertuju pada menu yang saya anggap unik ini. 


Awalnya sih memang agak agak gimana gitu. Tapi sudahlah, kalau memang kurang cocok di lidah, anggap saja kekinian dan setidaknya kalau ada yang ngomongin menu ini, bisa nyambunglah ceritanya.

Begitulah kira kira yang ada di benak saya saat awal untuk memutuskan memesan menu ini. Dan singkat cerita, ketika si udang goreng telur asin ini dihidangkan, sayapun tidak pernah menyesal untuk memesannya ketika saya berkunjung ke resto itu lagi.

Menu lezat dengan aroma telur asin bercampur bumbu dan dikolaborasikan dengan udang goreng.. wow..  itu yang cocok untuk diucapkan.

Dan begitulah saya, ketika sudah mulai jatuh cinta dengan suatu masakan, mulailah saya berusaha untuk memasaknya dan menyajikannya dimeja saji keluarga. Seperti biasanya, dalam persiapan memasak, mulailah saya membrowsing aneka resep menu ini. Mengkolaborasikan beberapa resep dan try out beberapa kali agar mendapat resep yang paling sreg dengan lidah saya dan keluarga. Hingga pada akhirnya saya file dalam daftar masakan yang recommended untuk keluarga saya. 

Daaaan …. ini dia hasil utak atik resep dan uji coba saya.

Cekidooooot

Udang Goreng Telur Asin
Udang Goreng Telur Asin


Resep Udang Goreng Telur Asin


Bahan
  • 500 gr udang
  • Minyak untuk menggoreng

 Bumbu untuk merendam udang
  • 1 sdt air perasan jeruk nipis
  • 2 siung bawang putih dihaluskan
  • ½ sdt garam
  • ¼ sdt merica bubuk
  • Sedikit penyedap (jika suka)

 Bahan pelapis pertama
  • 1 kuning telur kocok lepas

 Bahan pelapis kedua
  • 75 gr tepung berbumbu  (tepung bumbu untuk udang/cumi goreng, jenis bumbu terserah selera. Kalau tidak ada bisa memakai tepung beras)
  • Jika tidak menggunakan tepung berbumbu, tambahkan
  • ¼ sdt garam
  • ¼ sdt merica
  • Penyedap (jika suka)

 Bahan untuk saus telur asin
  • 4 bawang putih cincang kasar
  • 4 cabe merah keriting – haluskan
  • 2 sdt saus tiram
  • ¼ sdt merica bubuk
  • ¼ sdt gula pasir
  • 5 kuning telur asin matang dihaluskan kasar kasar
  • 2 sdm margarine untuk menumis
  • Penyedap (jika suka)


Cara membuat udang goreng telur asin

  • Bersihkan udang, buang kepalanya, rendam dengan bumbu rendamannya. Diamkan sekitar 15 menit
  • Celupkan udang ke dalam bahan pelapis pertama (kuning telur) kemudian balurkan dengan bahan pelapis 2 (tepung dan bumbu bumbunya)
  • Goreng udang. Jangan terlalu matang , karena udang akan diproses dua kali. Angkat udang, tiriskan dan sisihkan
  • Panaskan wajan, masukkan mentega, tumis bawang putih dan cabe.
  • Masukkan telur asin yang sudah dihancurkan, aduk sampai rata
  • Masukkan gula pasir, merica bubuk, saus tiram dan penyedap.
  • Aduk kembali, sampai tercampur rata
  • Masukkan udang, aduk merata hingga udang matang 100 persen.
  • Angkat dan siap disajikan


Catatan:
Jangan pakai api besar agar tidak cepat gosong

Demikian resep udang goreng telur asin. Semoga menginspirasi.
Enjoy and happy cooking.



Pingin tau resep sajian sea food lainnya ala dapur kami? Yuk simak



Gimana Kak? kayakanya gampang kan? yuk kita cobain Resep Udang Goreng Telur Asin buat orang-orang yang kita sayangi. Oh ya, kalau menurut Kakak resep ini mudah dipraktekkan, jangan lupa bantu dishare ya..! biar Caca semangat update Blognya. Nantikan resep selanjutnya ya Kak!
Previous
Next Post »