Tips memilih ikan segar, memasak ikan dan menyimpan ikan

Tips memilih ikan segar, memasak ikan dan menyimpan ikan - Hai Kak, Masak apa hari ini? Resep masakan terbaru dari Resep Caca, kali ini adalah : Tips memilih ikan segar, memasak ikan dan menyimpan ikan, resep ini mudah sekali di praktekkan karena bahan-bahan yang dipergunakan dalam masakan ini bisa dibeli di pasar atau supermarekt terdekat.

Resep : Tips memilih ikan segar, memasak ikan dan menyimpan ikan
Kategori :


Sebelum membaca Tips memilih ikan segar, memasak ikan dan menyimpan ikan Munngkin Kakak tertarik dengan resep lain yang udah caca posting sebelumnya:

Tips memilih ikan segar, memasak ikan dan menyimpan ikan

Sebelum membahas tips memilih ikan segar, yuk kita bahas sedikit tentang ikan, khususnya ikan laut .“Ikan Laut"… Makanan rendah kolesterol rendah dan kaya protein. Ikan merupakan makanan yang sehat.  Untuk pembandingnya,mari kita tengok bangsa yang doyan mengkonsumsi ikan, seperti bangsa Jepang. Apa yang kita lihat dari kehidupan mereka? Kehidupan yang  penuh vitalitas, bersemangat dan yang perlu digaris bawahi adalah rata rata orang Jepang itu berumur panjang dan dalam keadaan fisik yang prima. So? Itulah yang menjadi patokan bagi saya untuk terus mengkonsumsi ikan. Tidak mau mendengarkan oceh ocehan negatif tentang ikan laut. Dan tentu saja semuanya dikosumsi dengan takaran dan porsi yang wajar, karena mengkonsumsi apapun akan menjadi tidak baik jika terlalu berlebihan.
Tips memilih ikan segar

Beberapa kalangan malah mengatakan ikan laut sudah tercemar, dengan segala analisa mereka yang belum dijamin kebenarannya. Mungkin ikan ikan di perairan teluk Jakarta yang mereka maksud. Tetapi itu tidak berarti semua ikan di perairan Indonesia sudah tercemar. Ahaa.. tengok saja ikan yang ada di perairan teluk Manado.. Tercemar apanya yaaaa :) -- Di Manado, anda masih bisa menemukan ikan segar yang masih meloncat loncat di perahu nelayan tradisional sepulang mereka melaut. 

Tidak percaya? Jika anda berkesempatan berkunjung ke Manado, main mainlah ke pasar tradisional yang namanya Pasar Sindulang. Pasar kecil yang hanya berukuran seruas jalan saja. Tetapi merupakan surga belanja ikan segar. Kita tidak perlu  pergi ke pelelangan ikan. Harga yang ditawarkan di pasar SIndulang juga wajar wajar saja, Cobalah’main’ ke sana  sekitar jam 4  sore hingga jam 7 malam, saat nelayan baru pulang melaut. Disitulah anda akan melihat ikan ikan hasil tangkapan nelayan yang masih meloncat loncat di perahu nelayan.Yang namanya ikan tunapun berjejer jejer di perahu perahu nelayan. Tapi Tuna yang masih kecil ya… bukan Tuna yang sudah bermeter meter panjangnya loh… J  Hmmmm sekalian promosi kota Manado.. Tetapi ini memang benar adanya, sekalian tulisan ini untuk meluruskan pandangan pandangan miring tentang keberadaan ikan laut.

Oke.. itulah sekilas info dan sedikit curhatan saya merangkap promosi kota Manado yang identik juga dengan  ikan segar. Sekarang kita simak yuk tips memilih ikan segar

Tulisan ini diperuntukkan bagi teman teman yang baru belajar masak. Dan baru mengenal ikan baik itu ikan laut maupun ikan air tawar ….Yaa kelas pemula gitu. Mungkin masih bingung, ikan yang segar itu seperti apa. Apa apa yang harus diperhatikan agar benar benar kita memilih ikan yang segar.
Berikut ini tipsnya

Tips memilih ikan segar

  • Pilih ikan yang dagingnya masih keras jika ditekan dagingnya lentur dan kembali pada posisi semula
  • Warna insang masih merah sewarnah darah. Hati hati jika sudah mulai menghitam
  • Panampakan sisik masih mengkilap. Jika ikan tidak bersisik perhatikan kulitnya dimana warna kulit masih mengkilat
  • Perhatikan warna matanya yang masih bening dan menonjol keluar
  • Baunya masih segar

Tips memilih ikan segar
Ini ikan Tuna kecil yang masih segar. Perhatikan bening matanya

Hati hati dengan ikan yang dalam kondisi seperti ini
  • Warna daging ikan sudah pucat dan cenderung buram
  • Jika ditekan dengan jari, dagingnya sudah tidak kembali pada posisi semula, dan meninggalkan bekas jari di tubuh ikan
  • Sudah berbau tidak enak dan cenderung berbau busuk
  • Warna insang merah ke hitam hitaman ataupun kelabu
  • Mata ikan sudah tidak bening/mengkerut dan pupilnya kelabu
  • Saat kita membersihkannya, jika ikan sudah tidak baik, kulit tangan kitapun akan ikut terasa gatal 

Tips Memasak ikan

Cara memasak ikan ini saya dapatkan dari teman saya yang sudah malang melintang dalam urusan ikan ikanan.Sayapun menggunakan cara ini jika memasak ikan
  • Sebelum ikan dimasak,lumuri garam 5 menit lalu cuci bersih
  • Lumuri jeruk 10 menit
  • Masak ikan menurut ukurannya.
  • Kalau masak sekilo cukup 15 menit. Masak jangan terlalu lama karena dapat merusak tekstur. Ikan akan mengeras dan tidak licin lagi dan akan berpengaruh terhadap rasa. Selain itu juga kalau dimasak terlalu lama di api, banyak vitaminnya akan hilang

Tips Cara menyimpan ikan

  • Simpan ikan dalam freezer, sebaiknya ditaruh dalam wadah khusus. Tetapi jika anda belum punya dana untuk membeli wadah khusus, bungkus saja ikan dengan plastik. Sebaiknya pakailah plastik bening. Bungkus dengan baik agar ikan tidak mudah kemasukan air. Kenapa saya berkata begitu? Ini untuk antisipasi jika listrik mati, Jika anda mengemasnya dengan baik akan mengurangi risiko ikan rsak jika listrik mati dalam waktu yang lama
  • Kemaslah ikan dalam jumlah sekali masak. Hal ini untuk efisiensi kerja anda. 
  • Jika ikan masih dalam keadaan beku sekeluarnya dari freezer, rendam ikan dalam air dan tunggu beberapa saat hingga kandungan es dalam ikan mencair. Jangan mencoba memaksakan untuk memisahkan ikan jika masih dalam keadaan beku, karena bisa merubah bentuk ikan .


OK? Saya kira cukup ya..Semoga tulisan ini dapat membantu dan menginspirasi


Gimana Kak? kayakanya gampang kan? yuk kita cobain Tips memilih ikan segar, memasak ikan dan menyimpan ikan buat orang-orang yang kita sayangi. Oh ya, kalau menurut Kakak resep ini mudah dipraktekkan, jangan lupa bantu dishare ya..! biar Caca semangat update Blognya. Nantikan resep selanjutnya ya Kak!
Previous
Next Post »