Resep Cah Brokoli 3 jamur

Resep Cah Brokoli 3 jamur - Hai Kak, Masak apa hari ini? Resep masakan terbaru dari Resep Caca, kali ini adalah : Resep Cah Brokoli 3 jamur, resep ini mudah sekali di praktekkan karena bahan-bahan yang dipergunakan dalam masakan ini bisa dibeli di pasar atau supermarekt terdekat.

Resep : Resep Cah Brokoli 3 jamur
Kategori : ,


Sebelum membaca Resep Cah Brokoli 3 jamur Munngkin Kakak tertarik dengan resep lain yang udah caca posting sebelumnya:

Resep Cah Brokoli 3 jamur

Brokoli cah 3 jamur. Sebetulnya sih ini sayuran biasa saja. Hanya diracik dengan sedikit bumbu oriental. Masakan ini terinspirasi kala saya makan di salah satu resto yang cukup terkenal dan mulailah gatel tangan ini, coba coba masak yang ini versi saya sendiri.

3 jamur dalam sajian ini saya pakai jamur sioko, jamur putih dan jamur kuping. Ya seadanya aja yang ada stocknya.  Sengaja saya memang memakai jamur putih, karena konon jamur putih ini berkhasiat untuk membersihkan paru paru. Saya memang tidak merokok, namun dalam beberapa kesempatan saya sering “terperangkap” dengan teman teman yang merokok, dan sedihnya lagi, mereka merokok dalam ruangan ber AC. Aih serem, tapi sudahlah saya tidak ingin membahas tentang teman yang merokok dalam ruangan AC. Jadi hanya sekedar untuk menginformasikan alasan saya untuk menggunakan jamur putih.

Lanjuuut. Dagingnya saya pakai daging ayam. Hanya itu saja. Bumbunya juga dibikin seringkas mungkin, untuk menonjolkan rasa jamur dan brokoli. Hanya sedikit kecap ikan, minyak wijen, kaldu ayam dan bubuk ebi (udang kering).

Tentang bumbu ebi ini sih gampang saja. Udang kering saya blender saja sampai jadi serbuk.

Menurut saya, masakan ini rasanya oke loh. Masak sayuran irit bumbu juga tidak menjamin bahwa masakan tidak enak.

So, penasaran ya saya masaknya gimana. Hanya saja saya tidak pakai takaran loh ya, main umplung umplung aja. Takaran by feeling. Namanya juga memasak, kan seni. Gitu deh.

Daaaan …. Taraaaa… yuk simak resepnya

Resep Cah Brokoli
Cah Brokoli 3 jamur


Resep Cah Brokoli 3 Jamur


Bahan
  • 1 genggam brokoli yang sudah dikeluarkan batangnya, rebus hingga empuk, angkat, tiriskan, sisihkan
  • 3 buah jamur sioko, rendam dalam air hingga mengembang, potong menurut selera, tiriskan, sisihkan
  • 1 sdm jamur kuping, rendam dalam air hingga mengembang, potong menurut selera, tiriskan, sisihkan
  • 1 buah jamur putih, rendam dalam air hingga empuk, potong menurut selera, tiriskan, sisihkan
  • 3 siung bawang putih cincang halus
  • 1 sdm kecap ikan
  • ½ sdm minyak wijen
  • ½ sdm bubuk ebi
  • Beberapa irisan daging ayam
  • Sedikit kaldu ayam
  • Minyak goreng untuk menumis
  • 1 sdt tepung maizena diencerkan dengan sedikit air
  • Garam
  • Sedikit penyedap (jika suka)


Cara membuat cah brokoli 3 jamur.

  • Panaskan minyak, tumis bawang putih hingga berbau harum
  • Masukkan ayam, aduk aduk hingga ayamnya matang.
  • Masukkan bubuk ebi, aduk aduk sebentar
  • Masukan jamur sioko dan jamur putih. Aduk aduk hingga jamur matang, kemudian masukkan jamur kuping.
  • Catatan, jika memakai jamur kuping impor (yang kelopaknya tebal), masukkan jamur kuping bersama sama dengan ke dua jamur lainnya. Jika menggunakan jamur kuping lokal (yang kelopaknya tipis), masukkan jamur kuping ini setelah jamur sioko dan jamur putih setengah matang
  • Masukkan kaldu ayam sesuai selera. Jika ingin berkuah, masukkan dalam jumlah yang banyak. Namun untuk masakan ini, saya tidak mau terlalu berkuah. Jadi saya masukan sedikit saja hingga separuh sayuran terendam kaldu.
  • Masak hinggak kaldu mendidih. Masukkan kecap ikan dan minyak wijen, kemudian masukkan tepung maizena yang sudah diencerkan dengan sedikit air. Kekentalan juga sesuai selera.
  • Aduk sebentar, cek rasa. Tambahkan garam dan sedikit penyedap (jika suka)
  • Angkat dan siap disajikan
  • Sajikan selagi masih panas


Catatan lagi: mungkin cara masak saya berbeda dengan yang lain. Saya cenderung memasukkan minyak wijen saat masakan menjelang mau diangkat. Pertimbangan saya karena minyak wijen itu cepat hangus, dan rasanya lebih menggigit jika dipanaskan di api hanya sebentar saja. Tapi itu menurut saya loh ya.

Demikian resep cah brokoli 3 jamur versi saya. Semoga menginspirasi. Enjoy and happy cooking.


Pingin tau resep masakan sayur ala saya? Yuk simak resep resep di bawah ini

Gimana Kak? kayakanya gampang kan? yuk kita cobain Resep Cah Brokoli 3 jamur buat orang-orang yang kita sayangi. Oh ya, kalau menurut Kakak resep ini mudah dipraktekkan, jangan lupa bantu dishare ya..! biar Caca semangat update Blognya. Nantikan resep selanjutnya ya Kak!
Previous
Next Post »