Resep Ayam Kung Pao

Resep Ayam Kung Pao - Hai Kak, Masak apa hari ini? Resep masakan terbaru dari Resep Caca, kali ini adalah : Resep Ayam Kung Pao, resep ini mudah sekali di praktekkan karena bahan-bahan yang dipergunakan dalam masakan ini bisa dibeli di pasar atau supermarekt terdekat.

Resep : Resep Ayam Kung Pao
Kategori : ,


Sebelum membaca Resep Ayam Kung Pao Munngkin Kakak tertarik dengan resep lain yang udah caca posting sebelumnya:

Resep Ayam Kung Pao

Terus terang, saya belum begitu familiar dengan sejarah dan asal usul masakan ini. Sebatas yang saya ketahui hanyalah ini adalah masakan Cina yang lezat dengan bumbu khasnya adalah cabe kering.

Memang, saya pernah membrowsing sejarah tentang masakan ini, tapi saya masih kurang pede untuk menuliskannya dalam blog saya ini, karena saya tidak tahu persis dan saya juga belum memperoleh nara sumber yang cukup kuat untuk menuliskan hal ikhwal masakan ayam kung pao ini.

Pertama saya mengenal masakan ini, yang jelas saat saya makan di restoran “Chinese cuisine” dan menurut saya menu ini enak pake banget. Dan selanjutnya, jadilah menu ini sebagai menu yang sering diorder setiap kali saya makan di restoran Cina.

Berangkat dari hal itu, kemudian mulailah si tukang masak ini bergerilya, browsing resep dari berbagai sumber, try out, bongkar pasang resep, dan akhirnya jadilah resep yang menurut saya sangat cocok di lidah saya dan keluarga.

Sebetulnya bumbu kung pao instant ini juga sudah tersedia, namun terus terang saya belum pernah mencobanya. Cukup sulit menemukan bumbu ini di supermarket di kota tempat saya tinggal yakni di Manado. Kemarin bepergian ke Jakarta, tapi karena kesibukan lainnya, dan lupalah saya untuk membeli si bumbu kung pao ini.

Ok? Kita tinggalkan sementara duu bumbu kungpao instantnya, thus pake yang non instant aja alias yang versi homemade. 

Ini dia resep ayam kung pao ala saya yang merupakan modifikasi dari berbagai resep yang saya dapatkan dari mbah google.

Yuk simak resepnya

 
Ayam Kung Pao
Ayam Kung Pao

Resep Ayam Kung Pao


Bahan
  • ½ Kg dada ayam, potong sesuai selera
  • 1 jeruk nipis ambil airnya
  • 1 sdm kecap asin
  • ½ sdt merica bubuk
  • 1 sdm angciu (arak masak)
  • 4 siung bawang putih cincang halus
  • 1 daun bawang, potong sebesar 1 cm
  • 6 cabe merah kering, potong potong sekitar 1 cm
  • 1 wortel kecil, potong sesuai selera
  • 4 sendok makan kacang mede, sangrai, sisihkan



Bumbu
  • 1 sdm saus tiram
  • 1 sdm angciu (arak masak)
  • 1 sdm minyak wijen
  • 1 sdt cuka masak
  • 1 sdt madu (pakai gula pasir jika tidak ada)
  • 1 sdt bubuk cabe kering
  • 250 ml air atau menurut selera
  • 1 sdm tepung maizena dilarutkan dengan sedikit air  
  • Garam secukupnya
  • Minyak goreng untuk menumis
  • Penyedap (jika suka)


Cara membuat ayam kung pao

  • Lumuri ayam dengan air perasan jeruk nipis, kecap asin, merica bubuk. Tusuk tusuk daging ayam dengan garpu agar bumbu meresap. Diamkan sekitar 30 menit
  • Goreng ayam hingga ¾ matang. Angkat dan sisihkan
  • Tumis bawang putih, masukkan daun bawang.
  • Aduk sebentar, masukkan cabe kering, aduk sebentar dan masukkan wortel. Masak hingga wortel matang
  • Masukkan saus tiram, angciu, cuka, madu (gula pasir). Aduk aduk sebentar
  • Masukkan bubuk cabe dan minyak wijen, penyedap (jika suka), aduk beberapa detik kemudian masukkan air.  Masak hingga air mendidih.
  • Masukkan tepung maizena yang sudah dilarutkan dalam air. Tuangkan perlahan lahan,kekentalan diatur sesuai selera. Jadi, bisa saja larutan tepungnya tidak terpakai habis
  • Masukkan ayam, aduk aduk hingga ayam matang sempurna
  • Cek rasa, tambahkan garam jika masih diperlukan dan penyedap (jika suka). Catatan, saus tiram sebetulnya sudah asin loh. Makanya cek garamnya dulu apakah perlu ditambahkan atau tidak.
  • Masukkan kacang mede, aduk sebentar, angkat
  • Ayam Kung Pao siap disajikan
  • Sebaiknya dimakan selagi hidangan panas.


Demikian resep ayam kung pao versi saya, semoga menginspirasi.
Enjoy and happy cooking


Pingin masak masakan cina lainnya? Yuk simak resep di bawah ini



Gimana Kak? kayakanya gampang kan? yuk kita cobain Resep Ayam Kung Pao buat orang-orang yang kita sayangi. Oh ya, kalau menurut Kakak resep ini mudah dipraktekkan, jangan lupa bantu dishare ya..! biar Caca semangat update Blognya. Nantikan resep selanjutnya ya Kak!
Previous
Next Post »