Resep Rujak Buah ala Manado jaman dulu

Resep Rujak Buah ala Manado jaman dulu - Hai Kak, Masak apa hari ini? Resep masakan terbaru dari Resep Caca, kali ini adalah : Resep Rujak Buah ala Manado jaman dulu, resep ini mudah sekali di praktekkan karena bahan-bahan yang dipergunakan dalam masakan ini bisa dibeli di pasar atau supermarekt terdekat.

Resep : Resep Rujak Buah ala Manado jaman dulu
Kategori : ,


Sebelum membaca Resep Rujak Buah ala Manado jaman dulu Munngkin Kakak tertarik dengan resep lain yang udah caca posting sebelumnya:

Resep Rujak Buah ala Manado jaman dulu

Rujak… mendengar kata “rujak”  sudah pasti yang terbayang di benak adalah aneka buah buahan disertai bumbu yang didominasi dengan gula merah.. Terbayang lagi, suasana sore hari, kumpul kumpul dengan teman sambil ngobrol dan lain lain dan lain lain. Ya, rujak memang identik dengan hal hal seperti yang saya sebutkan di atas, walau tidak selamanya begitu.

Semua orang juga tau rujak.Yang membedakannya hanyalah racikan bumbunya. Ada bumbu rujak uleg, bumbu rujak bebek , bumbu rujak petis dan lain sebagainya.

Rujak buah ala Manado jaman dulu… Ya begitulah saya menjudulkan sajian ini. Karena seperti inilah rujak yang sering saya konsumsi saat saya masih kecil sampai menginjak remaja dan sekarang sepertinya sudah kalah popularitas dibanding rujak uleg.

Awalnya saya sudah lupa juga dengan rujak ini. Teringatnya pas waktu Valentine’s day kemarin. Saya menghabiskan Valentine’s day bersama teman teman masa kecil yang masih kompak hingga sekarang. Kamipun makan makan di salah satu restoran Ikan Mas di luar kota Manado (sekitar 1 jam bermobil dari zero point kota Manado). Singkat cerita selesai masak kamipun memesan rujak, dan ternyata yang keluar rujak seperti ini.. Hmm sampai sampai teman saya nyeletuk “ aduuuh, rujak dulu duluuuuu”.

Ya itu memang rujak jadul nya orang Manado. Selain gulanya, juga suka disajikan dengan kuah gohu.. Wow, apa pula kuah gohu itu? Gohu adalah sejenis asinan khas Manado. Terbuat dari papaya/ ketimun dan dimakan dengan cuka yang sudah dibumbu. Jika ingin mengetahui lebih dalam tentang gohu ini, silahkan klik resep gohu. Nah cuka ini yang suka dicampur dengan bumbu rujak. 

OK? Kalau mau tau resep rujak ini terutama gulanya, ini deh ..... 


Resep rujak buah ala Manado jaman dulu
Rujak Buah ala Manado jaman dulu

Resep Rujak buah ala Manado jaman dulu


Bahan

Bahan untuk buah
  • Buah jenis apa saja. Potong sesuai selera


Bahan untuk Bumbu (gula rujak)
  • Gula merah… kemarin saya gak nimbang beratnya. Ukurannya seperti pada foto
  • 1 sendok makan asam jawa
  • 3 buah terasi sachet (kemasan sekitar 6 gr/sachet)
  • 1 ltr air
  • Kacang sesuai selera, disangrai dulu kemudian dihaluskan



Resep rujak buah ala Manado jaman dulu
Gula merah untuk membuat rujak buah ala Manado jaman dulu
Kira kira begini deh ukurannya 


Cara membuat bumbu rujak buah ala Manado jaman dulu:

  • Didihkan gula merah dalam 1 liter air.Jika sudah mendidih, masukkan terasi dan asam jawa.
  • Saring setelah mendidih.
  • Saring selagi masih panas, karena begitu dingin gula akan mengental
  • Nah gula kentalnya itu yang enak
  • Taburkan kacang yang sudah dihaluskan jika akan disajikan
  • Bisa juga ditambahkan kuah gohu.. LIhat resep kuah gohu, silahkan klik  resep gohu Manado


Jadi deh… Selamat ngerujak
Gimana Kak? kayakanya gampang kan? yuk kita cobain Resep Rujak Buah ala Manado jaman dulu buat orang-orang yang kita sayangi. Oh ya, kalau menurut Kakak resep ini mudah dipraktekkan, jangan lupa bantu dishare ya..! biar Caca semangat update Blognya. Nantikan resep selanjutnya ya Kak!
Previous
Next Post »