Resep Ikan Tuna Bumbu RW khas Manado

Resep Ikan Tuna Bumbu RW khas Manado - Hai Kak, Masak apa hari ini? Resep masakan terbaru dari Resep Caca, kali ini adalah : Resep Ikan Tuna Bumbu RW khas Manado, resep ini mudah sekali di praktekkan karena bahan-bahan yang dipergunakan dalam masakan ini bisa dibeli di pasar atau supermarekt terdekat.

Resep : Resep Ikan Tuna Bumbu RW khas Manado
Kategori : ,


Sebelum membaca Resep Ikan Tuna Bumbu RW khas Manado Munngkin Kakak tertarik dengan resep lain yang udah caca posting sebelumnya:

Resep Ikan Tuna Bumbu RW khas Manado

Ikan Tuna Bumbu RW khas Manado - Menu baru nih. Sejujurnya saya baru mengenal menu ini pada awal Januari 2016, baru beberapa minggu yang lalu. Sebelumnya saya belum pernah kenal menu ini, walaupun masa kecil saya di pesisir pantai di kota Manado, tempat dimana bumbu RW itu berasal .

Awal saya mengenal Ikan Tuna bumbu RW ini saat berwisata kuliner disepanjang kawasan mega mas, kawasan tepi pantai di kota Manado. Saat saya sedang mencari cari resto yang sekiranya cocok dengan mood saya saat itu, dan tibalah saya di kawasan restoran Tuna. Saya sebut demikian, karena disitu ada beberapa ‘Tuna House’ yang berjejer jejer. Saat itupun terbersit dalam benak saya untuk ‘bertuna ria’ saja. Memang saat itu lagi eneg enegnya makan daging. Hm habis Natal dan Tahun Baru, dimana rata rata menunya adalah daging.

Saat memesan makanan juga semuanya seolah biasa saja. Ya samalah dengan menu di rumah saya. Tuna Bakar, Tuna woku, dada tuna. Telur tuna dan lain sebagainya. Nothing special, yang penting tidak makan daging saja. Bingung mau pesan apa, akhirnya mata saya tertuju pada menu ‘Ikan Tuna Bumbu RW’.. Oh baru kali ini saya dengar. Apa karena saya yang kurang piknik atau sedang tidak terlalu memperhatikan perkembangan kuliner pertunaan di tempat saya. 

Awalnya memang kaget. Koq bisa ada Ikan Tuna Bumbu RW, karena setau saya bumbu RW ini hanya diaplikasikan pada hewan darat saja. Seperti: anjing, ayam ataupun bebek. Dan saya putuskan untuk mencobanya, walaupun menu Ikan Tuna Bumbu RW ini terasa asing bagi saya. Anggap saja ‘iseng iseng berhadiah’, Siapa tau dapat menambah perbendaharaan kuliner dimeja saji saya.

Singkat cerita, Ikan Tuna Bumbu RW pun tersaji, dan ternyata saya tidak salah pilih menu. Syedaaap. Singkat ceritanya lagi, beberapa hari kemudian saya memasaknya sendiri dengan modal pengetahuan resep bumbu RW versi keluarga saya dan lagi lagi saya menuai komentar yang sangat ok dari para ‘food tester’ dirumah.

Ow.. tapi mungkin anda belum paham, apa sih bumbu RW itu? Jika pingin tau ulasan tentang itu, silahkan klik link ini resep ayam bumbu RWHmm sekedar untuk menambah pengetahuan perkulineran khususnya kuliner Manado.

Ok deh Dan ini dia resepnya… cekidoooooot

Tuna Bumbu RW
Ikan Tuna Bumbu RW

Resep Ikan Tuna Bumbu RW

Bahan:
  • 350 gram ikan Tuna
  • 1/2 sdm air perasan jeruk nipis atau lemon cui
  • Garam
  • Penyedap (jika suka)
  • 5 lembar daun jeruk  besar, bisa dibiarkan begitu saja, bisa juga dirajang halus
  • 1 daun bawang potong 1 cm
  • 3 sdm Cap Tikus (sejenis arak khas Manado, berkadar alkohol tinggi). Memasak memakai cap tikus ini memang terasa lebih lezat, Tetapi bagi yang tidak mengkonsumsi alkohol, cap tikus ini di skip saja. Tanpa captikus masakan ini tetap enak koq
  • Minyak goreng untuk menumis
  • Air secukupnya

 
Resep Ikan Tuna Bumbu RW
Ini ikan Tuna yang dipakai
Bumbu halus
  • Segenggam cabe rawit hijau  atau menurut selera. (ini selera saya yang berselera Manado, tapi jika tidak ada cabe hijau boleh juga pakai cabe merah)
  • 5 butir bawang merah besar, kalau yang kecil pakai 6
  • 2 cm Jahe 
  • 3 cm Kunyit
  • 3 Sereh besar
  • 1 sdt rata Pala parut (Sebaiknya menggunakan biji pala kemudian diparut. Hanya jika kepepet saja  baru menggunakan bubuk pala)  - Skip jika tidak suka aroma pala
  • Lengkuas kira kira sebesar bola pingpong - dihaluskan
Ikan tuna bumbu RW
Ini dia bumbunya. 

Ikan tuna bumbu RW khas Manado

Cara membuat Ikan Tuna Bumbu RW:

  • Lumuri ikan tuna dengan air perasan jeruk nipis dan garam. Diamkan sekitar 15 menit
  • Tumis semua bumbu halus hingga berbau harum
  • Masukkan ikan tuna dan aduk sebentar hingga semua bumbu tercampur
  • Masukkan air dan masak hingga tuna matang. Air disini berfungsi hanya untuk membantu masakan agar cepat matang. Masak hingga air mengering
  • Menjelang akan diangkat, tambahkan garam dan penyedap (jika suka)
  • Terakhir masukan cap tikus, aduk cepat. Abaikan langkah ini jika tidak memakai cap tikus
  • Angkat dan sajikan
  • Ikan Tuna bumbu RW siap dihidangkan


Demikian resep Ikan Tuna bumbu RW. Semoga menginspirasi.

Disini kami berbagi. Enjoy and happy cooking.


Ingin tahu resep masakan Manado lainnya ala dapur kami? yuk simak ... ini dia resep asli Manado dari dapur orang Manado

Gimana Kak? kayakanya gampang kan? yuk kita cobain Resep Ikan Tuna Bumbu RW khas Manado buat orang-orang yang kita sayangi. Oh ya, kalau menurut Kakak resep ini mudah dipraktekkan, jangan lupa bantu dishare ya..! biar Caca semangat update Blognya. Nantikan resep selanjutnya ya Kak!
Previous
Next Post »