Resep Bihun Goreng Bumbu Oriental praktis dan lezat

Resep Bihun Goreng Bumbu Oriental praktis dan lezat - Hai Kak, Masak apa hari ini? Resep masakan terbaru dari Resep Caca, kali ini adalah : Resep Bihun Goreng Bumbu Oriental praktis dan lezat, resep ini mudah sekali di praktekkan karena bahan-bahan yang dipergunakan dalam masakan ini bisa dibeli di pasar atau supermarekt terdekat.

Resep : Resep Bihun Goreng Bumbu Oriental praktis dan lezat
Kategori : ,


Sebelum membaca Resep Bihun Goreng Bumbu Oriental praktis dan lezat Munngkin Kakak tertarik dengan resep lain yang udah caca posting sebelumnya:

Resep Bihun Goreng Bumbu Oriental praktis dan lezat

Bi hun.. siapa yang tidak kenal dengan bahan makanan yang berbentuk seperti senar ini? Menurut situs Wikipedia, bihun adalah nama salah satu makanan yang berasal dari  Tiongkok. Bihun berasal dari Kata ‘Bi’ yang berarti beras dan ‘Hun’ yang berarti tepung. Ya,… memang Bihun ini terbuat dari beras.

Bihun goreng oriental
Bihun Goreng bumbu orienta;

Bihun adalah merupakan bahan makanan yang mengenyangkan dan awet di perut karena terbuat dari beras. Saya sih suka menyetok makanan ini sebagai pengganti beras/nasi, karena tahan lama, gampang menyimpannya sepanjang kita menyimpan dengan cara yang tepat, pasti awet.

Ngomongin soal bihunini jadi ingat cerita masa lalu, kala itu saya bermukim di Jakarta saat reformasi.Sehari sebelum reformasi memang sudah ada tanda tanda chaos, tapi saya tidak pernah menyangka bahwa kejadian akan mencekam seperti itu.Dimana mana aksi borong borong di supermarket. Masyarakat berbelanja dengan panik, barang barang dibeli dalam jumlah yang besar seolah olah mau perang saja.Ditengah kekagetan saya akan keadaan itu, barulah tersadar bahwa stock beras di supermarket sudah habis. Kebayang kan .... Bagaimana paniknya saya saat itu. 

Dalam kepanikan seperti itu, sayapun menelpon orang tua saya di Manado. Dan ortu menyarankan untuk menyetok bihun saja sebagai pengganti nasi. Ya sudah, mo gimana lagi, akhirnya belilah saya bihun berkilo kilo modal pengganjal perut entah sampai berapa lama.

Singkat cerita, pecahlah reformasi dan saat itupun saya tidak berani keluar rumah. Kantor juga libur dan pimpinan perusahaan meminta karyawannya untuk tinggal di rumah saja. Kebayang kan jika saat itu saya tidak menyetok bahan makanan. Tidak ada warung yang buka. Supermarket apa lagi. Malah supermarket dekat tempat tinggal saya di jarah dan kemudian dibakar… Waktu itu saya tinggal di kawasan Pulomas. Supermarket Hero yang ada di Dwima Plaza di Jl Ahmad Yani habis dijarah (Saya lupa kalau saat itu Dwia Plaza juga dibakar), Artomoro yang ada di dekat terminal Rawamangun pun tidak luput, hanya tinggal puing puing saja. Dibakar massa setelah habis di jarah,. Demikian juga Yogya department store yang ada di Jl Ngurah Rai, tinggal puing puing dan sisa bara api yang bernyalah nyalah. 

Keadaan inipun berlangsung selama beberapa hari, dan bertahanlah saya dengan stock bihun. Saya tidak makan nasi. Mo gimana lagi, tidak ada beras. Tapi Puji Tuhan dengan bihun saya tetap kenyang dan lambung juga tidak terganggu.

So teman teman, jika dalam keadaan darurat, pikirkanlah untuk menyetok bihun sebagai makanan pengganti nasi yang mampu menyumpel perut sebagaimana kita makan nasi.

Ok.. Ini pengantar awal saya berbagi pengalaman dengan bihunini. Semoga dapat menginsiprasi teman teman jika dalam keadaaan darurat harus menyetok bahan makanan sementara tidak memungkinkan untuk menyetok beras.

Dan sekarang.. ……. yuk simak sajian yang sering hadir di meja saji keluarga saya. Banyak versi bihun yang keluar dari dapur keluarga saya, Tapi kali ini saya akan berbagi resep bihun goreng bumbu oriental. Yuk simak..

Resep Bihun Goreng bumbu oriental


 Bahan
  • 1 bungkus bihun 200 gram
  • 200 gram daging terserah daging apa saja. Cuci daging dan potong potong sesuai selera.
  • 1 sachet kecap manis
  • 1 daun bawang besar
  • 4 tangkai seledri, potong akarnya tetapi batangnya tetap dipakai
  • 1 ikat sawi hijau/ pakcoy/sawi putih
  • 2 sdm saus tiram
  • 2 sdm minyak wijen
  • 2 sdm ang ciu (arak masak)
  • Margarine untuk menumis bumbu halus

 Bumbu halus
  • 6 siung bawang putih dihaluskan
  • 6 butir bawang merah dihaluskan
  • 2 sdt merica bubuk
  • Garam secukupnya
  • Penyedap (jika suka)


Cara membuat bihun goreng bumbu oriental

  • Rendam bihun dalam air hingga empuk. Baca petunjuk penggunaannya pada kemasan bihun., TIdak semua bihun cara penangannnya sama. Ada yang cukup dengan menggunakan air dingin, ada pula yang harus air panas. Jika bihun sudah empuk. Tiriskan dan sisihkan
  • Cuci sayur potong potong dan tiriskan
  • Tumis bawang putih dan bawang merah dalam margarine hingga berbau harum. Masukkan daging, aduk aduk hingga daging matang
  • Masukkan bihun aduk aduk sebentar kemudian masukkan kecap, miyak wijen, angciu dan saus tiram
  • Menjelang akan diangkat masukkan minyak wijen, aduk aduk sebentar hingga semuanya tercampur rata. Angkat
  • Bihun goreng bumbu oriental siap disajikan

 Tapi ooow.. Bihun tanpa sambal bagaikan malam tak berbintang.. hehehehe.. Ini dia resep sambalnya

Resep Sambal bihun goreng bumbu oriental

Bahan
  • 4 siung bawang putih
  • 3 cabe keriting
  • 6 cabe rawit
  • 1 sdm cuka masak
  • Air matang secukupnya
  • Sejumput gula pasir
  • Garam secukupnya
  • Penyedap (jika suka)



Sambal bihun goreng


Cara membuat sambal bihun goreng bumbu oriental

  • Haluskan semua bahan, campurkan dengan cuka masak dan air matang
  • Jangan lupa masukkan gula, garam dan penyedap (jika suka)
  • Jadi deh.. siap disantap bersama bihun goreng bumbu oriental


Demikian resep bihun goreng bumbu oriental. Semoga menginspirasi


Enjoy and happy cooking
Gimana Kak? kayakanya gampang kan? yuk kita cobain Resep Bihun Goreng Bumbu Oriental praktis dan lezat buat orang-orang yang kita sayangi. Oh ya, kalau menurut Kakak resep ini mudah dipraktekkan, jangan lupa bantu dishare ya..! biar Caca semangat update Blognya. Nantikan resep selanjutnya ya Kak!
Previous
Next Post »