Resep Daging Garo Lada Hitam

Resep Daging Garo Lada Hitam - Hai Kak, Masak apa hari ini? Resep masakan terbaru dari Resep Caca, kali ini adalah : Resep Daging Garo Lada Hitam, resep ini mudah sekali di praktekkan karena bahan-bahan yang dipergunakan dalam masakan ini bisa dibeli di pasar atau supermarekt terdekat.

Resep : Resep Daging Garo Lada Hitam
Kategori :


Sebelum membaca Resep Daging Garo Lada Hitam Munngkin Kakak tertarik dengan resep lain yang udah caca posting sebelumnya:

Resep Daging Garo Lada Hitam

Resep daging garo lada hitam ini terinspirasi dari salah satu masakan favorit saya sapi Lada Hitam. Resep inipun lahir dari hasil kutak kutik di dapur dan sedang iseng mencoba sesuatu yang baru
.. Saat itu yang terpikirkan adalah lada hitam dan sedikit kombinasi bumbu masakan Manado.. Hm dengan harap harap cemas tentu saja. Seperti apakah masakannya akan jadi. Ya dengan pedenya sajapun  mulai meracik bumbunya by feeling, tumis menumis sambil ngumplung umplung bumbunya. Dan beginilah jadinya. Not bad lah di lidah, dan orang orang rumah juga banyak yang suka dengan cita rasanya.

Resep Daging Garo Lada Hitam
Daging Garo Lada Hitam

Ketika saya ditanya, apa judul masakan ini, Sayapun masih belum terpikir untuk menjudulkannya. Namanya juga main umplung umplung dan by feeling, akhirnya jadilah saya namain Daging Garo Lada Hitam.. Yaa biar ada sentuhan Manado Manadonya gituuu..

Garo? Apa pula itu? Garo itu berasal dari bahasa Manado yang arti harafiahnya adalah garuk.. ahaa garuk garuk yang gatal gitu deh, Tetapi dalam bahasa Manado atau lazim disebut juga bahasa Manado pasar, kata garo juga identik dengan nggaruk nggaruk irus di wajan. Mengoseng juga bisa termasuk kategori garo.. Kadang kadang terdengar orang Manado berkata,”Garo jo tuh sayor” yang artinya garuk (masak) saja sayurnya.. Ah memang unik koq bahasa Manado ini. So, jadi paten deh nama masakannya daging garo lada hitam.. Hmmm sayapun tidak berani menyebutkan bahwa ini masakan Manado, karena bumbu Lada HItam adalah bumbu  yang tidak lazim dipakai dalam perbendaharaan masakan Manado.

Well, sekarang monggo disimak resepnya dan bisa mulai membayangkan rasanya seperti apa. Karena menurut saya rasanya enak. Resep ini bisa diaplikasikan pada daging sapi ataupun daging babi. Tidak disarankan untuk daging ayam. Kayaknya kurang nendang deh, walaupun saya belum pernah mencobanya. Pada foto di artikel ini saya mengaplikasikannya pada daging babi. Tetapi saya sudah pernah mencobanya pada daging sapi. Bahkan daging celengpun sudah pernah dicoba. Karena sebagaimana diketahui, daging celeng memang mirip dengan daging sapi. Dan untuk ketiga daging itu saya bilang ok deh rasanya. Gitu deh.

Sedikit saya jelaskan, kebiasaan saya memasak biasanya untuk daging ataupun ikan, selalu mengawalinya dengan melumurinya dengan air perasan jeruk nipis atau lemon cui dan garam. Dan jika tidak ada jeruk, bisa diganti dengan air asam. Dan jika air asam juga tidak ada,maka saya suka mengantinya dengan cuka masak dan tentu saja tetap ditambahkan garam. Daging/ikan dilumuri sepertii itu untuk menghilangkan bau amisnya. Dan itu sudah menjadi syarat utama saya dalam memasak.

Sementara untuk lada hitam. Saya lebih memilihnya menggerus kasar, karena saya memang pencinta lada hitam. Dan menurut saya lada hitam yang digerus kasar, cita rasanya lebih ‘sesuatu’ jika dibandingkan dengan lada hitam bubuk. Yaa itu selera saya, Dan silahkan anda memilih cara menghaluskannya menurut cita rasa anda sendiri

Yuk simak resepnya.

Resep Daging Garo Lada HItam

Bahan
  • 300 gram daging .. usahakan menggunakan daging has dalam.
  • 1 sdt air perasan jeruk nipis/ lemon cui
  • Garamsecukupnya
  • 6 butir bawang merah - dihaluskan
  • 4 siung bawang putih - dihaluskan
  • 4 cabe merah - dihaluskan .. takaran cabe disesuaikan dengan selera
  • 4 cabe rawit - dihaluskan .. takaran cabe disesuaikan dengan selera
  • 3 kemiri - dihaluskan
  • 1 sdt jahe yang sudah dihaluskan\
  • 1 sdt kunyityang sudah dihaluskan
  • 1 sdt lada hitam butir – digerus kasar
  • Penyedap (jika suka)
  • Minyak untuk menggoreng

Cara membuat daging garo lada hitam

  • Potong potong daging sesuai selera. Lumurkan dengan air perasan jeruk nipis/ lemon cuidan garam. Diamkan sekitar 15 menit
  • Tumis bawang putih, bawang merah. Cabe merah, cabe rawit, kemiri,jahe dan kunyit hingga berbau harum
  • Masukkan daging. Aduk aduk sebentar. hingga daging sudah berubah warna, masukkan lada hitam.
  • Aduk aduk sebentar agar lada hitam tercampur rata, kemudian tambahkan air dan masak hingga daging matang
  • Jika sudah matang, masukkan garam dan penyedap. Cek rasa
  • Angkat dan sajikan
  • Daging Garo Lada Hitampun siap disajikan


Demikian resep Daging Garo Lada HItam. Semoga menginspirasi


Enjoy and happy cooking
Gimana Kak? kayakanya gampang kan? yuk kita cobain Resep Daging Garo Lada Hitam buat orang-orang yang kita sayangi. Oh ya, kalau menurut Kakak resep ini mudah dipraktekkan, jangan lupa bantu dishare ya..! biar Caca semangat update Blognya. Nantikan resep selanjutnya ya Kak!
Previous
Next Post »